Senin, 22 Oktober 2012

Gelar Teknologi di HPS-32

http://www.litbang.deptan.go.id/berita/one/1284/file/picturePuncak acara Peringkatan Hari Pangan Sedunia (HPS) ke-32 dipusatkan di arena pameranpembangunan Temanggung Tilung, Palangkaraya, Kalimantan Tengah, Kamis (18/10/2012). Pembukaan HPS dilakukan oleh Wakil Presiden RI Profesor Budiono dan dihadiri oleh Gubernur Kalteng, Menteri Pertanian, Menteri Kehutanan, Perwakilan FAO dan Duta Besar negara-negara sahabat.
Pelaksanaan HPS secara nasional dimaksudkan sebagai wahana untuk meningkatkan pemahaman, kepedulian, serta menggalang kerjasama untuk menangani masalah pangan. Tema Internasional HPS ke-32 adalah “Agricultural Cooperatives-Key to Feeding the Word” sedangkan tema Nasional adalah “Agroindustri Berbasis Kemitraan Petani Menuju Kemandirian Pangan”. 
Berbagai kegiatan dalam rangka HPS ini meliputi seminar, pengabdian masyarakat, gelar teknologi, berbagai perlombaan, bazar dan pameran, tour diplomatik serta dokumentasi, publikasi dan penyiaran.
Badan Litbang Pertanian menampilkan gelar teknologi di area hamparan lahan gambut seluas kurang lebih dua hektar. Aneka teknologi terapan yang diharapkan dapat dicontoh oleh masyarat ditampilkan, yang meliputi teknologi sayuran, teknologi umbi-umbian, irigasi otomatik, kebun bibit, kolam ikan, ternak sapi dan hijaun,  tanaman kedelai dan tanaman obat keluarga.
Gelar teknologi dengan konsep Rumah Pangan Lestari (RPL) terletak di sekitar rumah adat Betang yang juga digelar saung agro dengan menampilkan aneka produk hasil inovasi Badan Litbang Pertanian seperti aneka olahan  tepung, mesin juicer, aneka varietas padi dan jagung, pangan lokal, kandang ayam KUB, aneka sayuran indegenous (cabe, buah, benih, bawang merah, kentang, bawang) serta buah-buahan pepaya merah delima dan kultur jaringan pisang.
sumber: http://www.litbang.deptan.go.id/berita/one/1284/

http://www.litbang.deptan.go.id/berita/one/1284/

Tidak ada komentar: