Selasa, 23 Oktober 2012

KRPL Kolongan Atas II Kecamatan Sonder, Bantu Kebutuhan Harian Keluarga


http://www.litbang.deptan.go.id/berita/one/1283/file/pictureBiasanya pada setiap pagi kami menunggu kendaraan untuk berbelanja bahan memasak, sekarang kami tinggal membeli ikan, minyak, beras dan garam, kami sudah dapat memasak. Bahan lain seperti sayur-sayuran, rica, kemangi, goraka, sere semua tinggal kita petik sesuai kebutuhan yang sudah tersedia di halaman, dan segar-segar lagi,” demikian pernyataan seorang ibu yang tergabung dalam kelompok ibu-ibu PKK kelompok M-KRPL di Kolongan Atas Dua, Minahasa.
Setelah tiga bulan diperkenalkan di BPTP Sulawesi Utara, kegiatan Model Kawasan Rumah Pangan Lestari (M-KRPL) telah memberikan hasil yang menggembirakan. Para petani terutama ibu-ibu sudah membangun Kebun Bibit Desa (KBD) di salah satu kebun milik masyarakat yang kemudian dijadikan kebun sumber bibit untuk pekarangan tiap anggota. Pengelolaan KBD dilakukan bersama (mapalus) oleh 30 anggota ibu-ibu. Bibit yang sudah siap tanam selanjutnya dibagikan pada setiap anggota.
Program yang telah dilaksanakan oleh BPTP Sulawesi Utara, sangat membantu untuk program peningkatan konsumsi pangan lokal. Masyarakat diarahkan untuk mengembangkan di kawasan pekarangan masing-masing, dengan demikian akan menekan pengeluaran rumah tangga terutama pada belanja kebutuhan bumbu masak dapur.
Berkaitan dengan komitmen untuk peningkatan produksi pangan lokal, Bupati Minahasa di tahun anggaran 2012 ini, telah menyiapkan juga pembangunan dua lokasi pasar pangan lokal di Kabupaten Minahasa. Pasar ini akan menjual beragam pangan lokal hasil para petani, ibu-ibu tani dan beragam bentuk olahan dari hasil pangan lokal, termasuk hasil dari Rumah Pangan Lestari.
Sumber: BPTP Sulawesi Utara
Sumber: http://www.litbang.deptan.go.id/berita/one/1283/

Tidak ada komentar: